Pemulihan Ekonomi Kuat di 2021, Tumbuhkan Optimisme Pelaku Ekonomi di 2022, Sri Mulyani Harapkan Ini!

- 1 Maret 2022, 11:35 WIB
Menkeu Sri Mulyani.
Menkeu Sri Mulyani. /Dok Setkab

LINGKAR MADIUN- Pertumbuhan ekonomi yang kuat di tahun 2021 memberikan sinyal positif prospek ekonomi pada tahun 2022 dan meningkatkan keyakinan pelaku pasar terhadap pemulihan ekonomi Indonesia.

Kini perekonomian di beberapa negara, termasuk Indonesia telah kembali ke level pra pandemi pada 2021 meskipun tak dipungkiri ada beberapa negara yang masih kesulitan mengembalikan kapasitas ekonominya.

Di sisi lain, inflasi Indonesia masih terjaga meski rambatan tren global melalui inflasi negara produsen harus diwaspadai. Selain itu, potensi kenaikan suku bunga acuan dan pengetatan moneter semakin menguat, khususnya di negara maju.

Baca Juga: Indra Kenz Resmi Jadi Tersangka Penipuan Trading Ilegal, Berikut 17 Aset Kekayaan yang Terancam Disita

Baca Juga: Ukraina Dalam 'Masa Kritis', Presiden Volodymyr Zelensky Lapor Ke Inggris Ditengah Konflik Rusia Semakin Panas

Menteri Keuangan, Sri Mulyani memberikan gambaran bahwa pertumbuhan ekonomi domestik pada kuartal IV-2021 mencapai 5,02 persen, atau secara keseluruhan pada 2021 mencapai 3,69 persen. 

Proyeksi pertumbuhan ekonomi kuartal I-2022 berada pada kisaran 4,5--5,2 persen (yoy) dan untuk tahunan diproyeksikan tumbuh pada kisaran 4,8--5,5 persen (yoy).

Berbagai indikasi positif memberikan optimisme bagi pelaku ekonomi dan berdampak baik bagi kinerja APBN di awal 2022.

Kinerja positif APBN diharapkan terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya, walaupun di sisi penerimaan diperkirakan tidak sekuat pada Januari.

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf

Sumber: Indonesia.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x