Sri Mulyani Resmi Tetapkan 332 Industri Tujuan Investasi PPS, Apa Pentingnya Bagi Indonesia?

- 2 Maret 2022, 16:25 WIB
Profil Menkeu Sri Mulyani
Profil Menkeu Sri Mulyani /foto Instagram @smindrawati/

LINGKAR MADIUN- Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati resmi menetapkan 332 kegiatan usaha sektor pengelolaan sumber daya alam dan sektor energi terbarukan sebagai tujuan investasi harta bersih dalam Program Pengungkapan Sukarela Wajib Pajak (PPS).

Hal tersebut sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 52/KMK.010/2022 (KMK-52/KMK.010/2022) tentang Kegiatan Usaha Sektor Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Sektir Energi Terbarukan Sebagai Tujuan Investasi Harta Bersih Dalam Rangka Pelaksanaan PPS untuk melaksanakan ketentuan pasal 16 ayat (4) Peraturan Menteri Keuangan Nomor 196/PMK.03/2021 tentang Tata Cara Pelaksaan PPS.

Beberapa kegiatan usaha yang ada dalam KMK-52/KMK.010/2022 di antaranya, pengusahaan tenaga panas bumi, industri pengolahan dan pengawetan produk daging serta daging unggas, industri pengasapan/pemanggangan ikan dan industri pengolahan rumput laut.

Baca Juga: Indonesia Telah Ditargetkan Tahun 2060 Nantinya Akan Menjadi Negara Zero Emission

Baca Juga: Thomas Tuchel Bentak Reporter Saat Ditanya Situasi Roman Abramovich di Chelsea: Saya Bukan Politisi

Selain itu juga ada industri minyak mentah kelapa sawit (CPO), industri batu bata dari tanah liat/keramik, industri mesin pembangkit listrik, industri furnitur dari kayu, hingga aktivitas pengembangan video game.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Neilmaldrin Noor mengingatkan wajib pajak peserta PPS dengan komitmen investasi untuk melakukan investasi, baik pada SBN maupun pada hilirisasi sumber daya alam/sektor energi terbarukan, paling lambat 30 September 2023 dan dilakukan paling singkat (holding period) 5 tahun sejak diinvestasikan.

“Sesuai dengan PMK-196/PMK.03/2021, investasi PPS harus dilakukan paling lambat 30 September 2023. Sekarang ini, investasi PPS sangat penting nilainya sebagai sumber investasi baru untuk membiayai pembangunan ekonomi nasional,” ucap Neilmaldrin sebagaimana dikutip Lingkar Madiun dari Infopublik.id pada 2 Maret 2022.

Baca Juga: Alasan Mengapa Kencing Anda Berbau, Beresiko Anda Mengidap Diabetes Hingga Infeksi pada Organ Ini

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf

Sumber: infopublik.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x