Sebut Negara Salah Prioritas, Rizal Ramli Ajukan Tiga Sektor ini

- 22 Oktober 2020, 11:45 WIB
EKONOM senior Rizal Ramli.
EKONOM senior Rizal Ramli. /Twitter @RamliRizal./

LINGKAR MADIUN - Ekonom senior Rizal Ramli menyoroti kinerja pemerintah yang dinilainya salah kelola, terutama dalam hal mengalokasikan anggaran. Akibat ketidaktepatan itu, ekonomi negara menjadi hancur.

Salah satu yang ia kritik adalah realokasi anggaran yang besar dalam pembangunan infrastruktur. Proyek-proyek besar seperti pembangunan jalan seharusnya disetop dahulu. Lebih lagi, ia menerangkan bahwa ada 44 perusahaan asuransi sekuritas yang saat ini gagal bayar.

"Ini ibarat petinju kena pukulan langsung goyang. Jadi ini akan lebih sulit, karena pemerintah tidak efektif. Dan ini grafiknya seperti huruf 'W' anjloknya bisa lama," kata Rizal dalam dialog kepada PRO-3 RRI, Rabu 21 Oktober 2020.

Baca Juga: Gawat! Penambahan Kasus Positif Covid-19 di Jember Meningkat Drastis

Menurut Rizal, seharusnya pemerintah lebih mengalokasikan dana ke tiga sektor berikut. Pertama adalah kesehatan khususnya pada penanganan Covid-19. Jumlah biaya yang bisa dikeluarkan pemerintah setidaknya Rp300 triliun.

"Jadi hajar habis-habisan. Agar ekonomi kita bisa pulih," ujarnya.

Prioritas kedua adalah pemberian bantuan pangan kepada warga kelas bawah. Pada sektor ini, mantan Menko Kemaritiman ini menaksir setidaknya membutuhkan dana Rp300 triliun agar warga memiliki ketahanan pangan selama enam bulan ke depan.

Baca Juga: Kabar Gembira! 5 Orang Pasien Covid-19 di Madiun Sembuh

Yang terakhir adalah keseriusan pemerintah dalam meningkatkan produksi pangan. Dalam program ini, anggarana yang dibutuhkan paling tidak sebesar Rp200 triliun.

Halaman:

Editor: Dwiyan Setya Nugraha

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x