NHS Covid-19 , Aplikasi Pintar Pelacak Covid Buatan Inggris

- 24 September 2020, 21:45 WIB
Ilustrasi Aplikasi NHS Covid-19 /Digital Health

 

LINGKAR MADIUN - Munculnya pandemi menjadikan banyak kalangan berlomba-lomba membuat inovasi untuk memberantas covid-19. Tidak hanya dari para ilmuwan yang terus mengusahakan adanya vaksin. Tetapi temuan-temuan baru juga dibuat orang-orang IT.

Salah satunya di Inggris dan Wales, baru-baru ini keduanya meluncurkan aplikasi National Health Services (NHS Covid-19.) Yakni aplikasi pintar dalam pencegahan covid-19.

Menteri Kesehatan Inggris , Matt Hancock mengungkapkan alasan diciptakannya alat tersebut dikarenakan semakin tingginya warga yang terinfeksi covid19 di Inggris, sehingga perlu adanya alat yang tersedia untuk mencegah penularan, termasuk teknologi baru seperti aplikasi.

Baca Juga: Unik! Polsek di Malang Gaet Dokar, Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Baca Juga: Wow, BPJS Ketenagakerjaan Berikan `Diskon` 99% Iuran, Ini syaratnya

“Kami telah bekerja secara ekstensif dengan perusahaan teknologi, mitra internasional, dan pakar privasi dan medis dan belajar dari uji coba untuk mengembangkan aplikasi yang aman, mudah digunakan dan akan membantu menjaga keamanan negara kami,” ungkap Menteri Matt Hancock.

Dikutip Tim Lingkar Madiun dari PRFM News, Menurut Matt, NHS Covid19 merupakan alat untuk melacak kontak sekaligus memeriksa tingkat risiko lokal dan mencatat tempat-tempat yang telah dikunjungi pengguna aplikasi.

Dalam proses pengoperasiannya NHS Covid19 dapat bekerja melalui bantuan sinyal Bluetooth. Kemudian aplikasi ini akan mencatat riwayat pengguna yang berdekatan dengan pengguna lain,dalam jarak dua meter dengan waktu selama 15 menit atau lebih.

Halaman:

Editor: Yeha Regina Citra Mahardika

Sumber: PRFM News


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X