PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 UNIPMA Gelar Pelatihan Pengolahan Minyak Goreng Bekas di Desa Babadan

- 21 Mei 2024, 11:24 WIB
Mahasiswa PPG UNIPMA sedang melakukan penjelasan  bersanma ibu-ibu di Desa Babadan
Mahasiswa PPG UNIPMA sedang melakukan penjelasan bersanma ibu-ibu di Desa Babadan /Aji Sasmito/

Lingkarmadiun.com- Kelompok mahasiswa dari Program PPG Prajabatan Gelombang 1 Tahun 2023 Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) melaksanakan kegiatan pelatihan pengolahan minyak goreng bekas menjadi sabun batang di Desa Babadan, Kecamatan Ngrambe, Kabupaten Ngawi, Sabtu, 11/05/2024, kemarin.

Kegiatan ini merupakan bagian dari mata kuliah proyek kepemimpinan, dengan tujuan memberikan solusi pencegahan pencemaran lingkungan melalui pengelolaan sampah rumah tangga.

Kelompok terdiri dari tujuh orang mahasiswa, yaitu Rizal Febriansyah (Ketua), Lulu Nafis Fauziah (Wakil Ketua), Reftin Bintari Widyaningrum (Sekretaris), Maya Krisna Ari Murti (Bendahara), Kharisma Ayu Noviana (PJ Acara), Indhamsari Dwi Susilohati (PJ Dokumentasi), dan Pratiwi S (PJ Konsumsi), memilih ibu-ibu kelompok tani yang tergabung dalam MAKNDUR (Mamak-Mamak Tandur) sebagai sasaran kegiatan.

Baca Juga: Inilah Skuad Terbaik Argentina Di Copa America 2024, Lionel Scaloni Coret Penyerang AS Roma Digantikan Ini

Mahasiswa UNIPMA sedang melakukan presntasi tentang pelatihan  pengolahan minyak goreng bekas
Mahasiswa UNIPMA sedang melakukan presntasi tentang pelatihan pengolahan minyak goreng bekas

Ibu-ibu kelompok tani dipilih karena mereka merupakan pelaku utama dalam aktivitas memasak di rumah tangga, sehingga diharapkan dapat menjadi agen perubahan dalam pengelolaan sampah rumah tangga di Desa Babadan.

Kegiatan ini diawali dengan literasi, di mana para peserta diberikan informasi mengenai sampah rumah tangga dan dampaknya terhadap lingkungan.

Kemudian dilanjutkan dengan pelatihan pembuatan sabun dari minyak goreng bekas sebagai solusi praktis dan bijaksana untuk mengurangi pencemaran lingkungan.

Proses pembuatan sabun ini relatif mudah dan bahan-bahannya dapat ditemukan di sekitar rumah, seperti soda api, air mineral, madu, lemongrass, minyak goreng bekas yang sudah difilter, dan minyak kelapa.

Pelatihan diadakan di rumah Bapak Joko Sulistyo, Sekretaris Desa Babadan, ini dihadiri oleh 12 peserta yang antusias mengikuti setiap tahapan kegiatan. Para peserta disambut dengan hangat oleh tuan rumah, dan acara dimulai dengan pemaparan tujuan serta visi-misi kegiatan oleh ketua kelompok, Rizal Febriansyah.

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah