Jika Kamu Minum Kopi Seperti Ini, Risiko Kanker Kerongkongan Bisa Melonjak

- 14 Mei 2022, 20:05 WIB
Ilustrasi minum kopi
Ilustrasi minum kopi /Gary Barnes/pexels.com

LINGKAR MADIUN - Bagi banyak orang, tidak lengkap rasanya jika memulai hari tanpa minum secangkir kopi. Namun, ada cara tertentu meminum kopi yang dinilai dapat meningkatkan risiko kanker secara signifikan.

Jika kamu suka memulai pagi dengan minum secangkir kopi panas, kamu mungkin secara tidak sengaja meningkatkan risiko jenis kanker tertentu jika rutin melakukan kebiasaan ini.

Berdasarkan info yang dilansir Lingkar Madiun dari Best Life Online pada 14 Mei, sebuah studi tahun 2019 yang diterbitkan dalam  International Journal of Cancer  menemukan bahwa mereka yang minum 23,7 ons.

Baca Juga: Waspada! 6 Kebiasaan Ini Bertentangan dengan Medis, Jangan Lakukan Nomor 5 Bisa Sebabkan Kematian

Teh atau kopi sehari pada suhu 140 derajat Fahrenheit atau lebih memiliki risiko 90 persen lebih besar terkena kanker kerongkongan dibandingkan mereka yang minum teh atau kopi dengan suhu suam-suam kuku atau dingin.

Jika kamu ingin menikmati kopi atau teh tanpa membahayakan kesehatan kamu, maka tunggulah beberapa menit hingga dingin sehingga kamu dapat mencegah risiko kanker kerongkongan yang ditimbulkan.

"Minum teh yang sangat panas dapat meningkatkan risiko kanker kerongkongan, oleh karena itu disarankan untuk menunggu sampai minuman panas menjadi dingin sebelum diminum," ujar Farhad Islami, MD, PhD, direktur ilmiah untuk penelitian disparitas kanker di American Cancer Masyarakat sebagaimana dikutip Lingkar Madiun dari Best Life Online.

Baca Juga: 7 Aktor Indonesia yang Pernah Membintangi Film Hollywood, Nomor 3 Idaman Para Wanita

Tidak ingin menunggu kopi atau teh dingin dengan sendirinya, kamu bisa menambahkan dengan susu dingin yang mungkin cukup mengurangi suhu minuman kamu ke titik yang tidak lagi menimbulkan risiko pada saluran pencernaan.

Halaman:

Editor: Ninda Fatriani Santyra

Sumber: Best Life Online


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x