Jutaan Pekerja Terdampak Covid 19, Lulusan Baru Perlu Inovasi

- 25 September 2020, 21:21 WIB
Ilustrasi Lulusan Baru /Pexels/

Lingkar Madiun - Ida Fauziyah Menteri Ketenagakerjaan RI mengatakan sektor ketenagakerjaan mengalami guncangan di masa pandemi Covid-19.

Sebanyak 2.15 juta pekerja yang terdampak Covid-19, mulai dari dirumahkan sampai pemutusan hubungan kerja. 

Melalui penelusuran Tim Lingkar Madiun dari RRI dikutip Menteri Ida saat memberikan kuliah umum pada wisuda di Universitas Negeri Padang yang dilaksanakan secara virtual menyampaikan  "Masalah itu telah ditanggulangi pemerintah melalui stimulus subsidi gaji, dan prakerja," Jumat (25/9/2020).

Baca Juga: Bikin Kaget! Ratusan Napi dan Puluhan Petugas Di Rapid, Ini Hasilnya

Baca Juga: Belum Terima Kuota Kemendikbud, Bisa Lapor ke Kepala Sekolah

Kondisi ini, menurut Menteri Ida Fauziyah, menjadi tantangan berat bagi lulusan baru dalam dunia kerja. Sebab mereka menghadapi dua tantangan besar sekaligus, yakni revolusi industri dan pandemi dalam masa yang bersamaan.

Untuk itu, lanjutnya, lulusan perguruan tinggi harus memiliki modal penguasaan teknologi untuk bertarung merebut dunia kerja atau membuka peluang usaha.

Transformasi digital, jelas Menteri Ida Fauziyah, menjadi norma baru di era revolusi industri  karena dampaknya sangat besar dalam dunia ketenagakerjaan. Salah satunya, menurutnya terjadi perubahan pola pikir dalam berkerja, cara bekerja, hingga keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. 

Baca Juga: Bikin Kaget! Ratusan Napi dan Puluhan Petugas Di Rapid, Ini Hasilnya

Baca Juga: Ternyata Ini, 5 Makanan dengan Kandungan Gizi Tinggi, Cocok Dikonsumsi Setiap Hari

Halaman:

Editor: Yoga Pratama Widiyanto

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X