Ramai Teriakan Putar Film G30S PKI, Mahfud MD: Saya Selalu Nonton!

- 28 September 2020, 06:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. /ANTARA/

LINGKAR MADIUN - Mahfud MD Menteri, Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam). Siapa yang tidak mengenal beliau, Menteri yang mencuri hati masyarakat dengan kinerjanya. Kali ini mengenai cuitan beliau ditweeter tentang pertanyaan film G30S/PKI, berikut pendapatnya.

Mahfud MD mengakui ada pertanyaan tentang pentingkah film G30S/PKI disiarkan kembali? Menjawab pertanyaan tersebut, Mahfud menjawab bahwa selalu menonton film tersebut. Akan tetapi, Mahfud mengaku bahwa dia menonton bukan karena ingin mengetahui sejarah PKI, namun Mahfud tertarik dari segi artistik dan dramatisasinya sangat bagus.

Mahfud juga menambahkan pada saat tragedi sejarah G30S/PKI tahun 1965, Mahfud sudah berumur 8 tahun dan sudah mengetahui peristiwa tersebut.

Baca Juga: Jelang Peringatan G30S PKI, Sekretaris Umum FPI : Ingat Bahayanya Komunis!

“Ada yang tanya, apa penting film G30S/PKI disiarkan? Saya jawab, saya selalu nonton film tersebut tapi bukan ingin tahu atau meyakinkan tentang sejarah PKI. Saya selalu menonton karena ia adalah karya film yang bagus artistik dan dramatisasinya. Kalau sejarah PKI sih saya sudah tahu sebab tahun 1965 saya sudah berusia 8 tahun,” tulis Mahfud melalui akun Tweeternya, @mohmahfudmd, Kamis 24 September 2020.

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa perdebatan tentang PKI termasuk mengenai tayangnya kembali film Penghianatan G30S/PKI ditelevisi selalu menjadi perbincangan hangat, terutama saat menjelang tanggal 30 September 2020.

Di era presiden Soeharto, film tersebut wajib tayang pada malam tanggal 30 September. Namun film yang disutradarai oleh Arifin C Noor tersebut dihentikan pemutarannya sejak 30 September 1998.

Baca Juga: Jamin Kualitas Masker, Kemenperin Segera Tetapkan SNI Pada Masker Kain

Pro dan kontra tentang pemuratan film tersebut sudah dimulai sejak 2017. Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo adalah sosok yang memerintahkan penayangan film G30S/PKI dilingkup institusinya. Pada saat itu, Gatot menyatakan bahwa pemutaran film tersebut untuk meluruskan sejarah.***

Halaman:

Editor: Ninna Yuniari


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X