Dibaliknya Uniknya Penampilan Ondel-ondel, Ternyata Menyimpan Cerita Mistis, Apa Saja? Simak Selengkapnya

- 16 Juli 2022, 19:25 WIB
Inilah cerita mistis dibalik keunikan penampilan Ondel-ondel.
Inilah cerita mistis dibalik keunikan penampilan Ondel-ondel. /Instagram @ondelondeljakarta/

LingkarMadiun.com – Semua pasti sudah mengerti dan tidak asing mengenai kesenian Ondel-ondel. Sebuah kesenian yang ada di Ibukota Jakarta ini selalu tampil dihajatan terpenting.

Seperti hajatan pernikahan, hajatan sunatan bahkan hajatan Ibukota Ulang Tahun pun, Ondel-ondel selalu ada dan tetap mengisi. Ditambah lagi dengan bunyi petasan dan Tanjidor sebagai pelengkap.

Dilansir LingkarMadiun.com dari Instagram @budaya mengajak Anda semua untuk lebih mengenal Ondel-ondel yang dikenal sebagai maskot Jakarta tersebut.

Baca Juga: Jendela Transfer: MU Umumkan Kontrak Baru dengan Pemain Ini Hingga Juni 2025

Pada awalnya, pementasan Ondel-ondel digunakan sebagai penangkal roh jahat atau penolak bala. Menurut kepercayaan masyarakat Betawi, wabah maupun penyakit apapun bisa hilang setelah Ondel-ondel dipentaskan mengelilingi kampung.

Lalu untuk bagian pembuatan tidak sembarangan yang butuh jadi dan dipentaskan. Melainkan memiliki tata cara sacral dengan berbagai urutan, baik waktu membuat topeng maupun waktu menganyam badanya dengan menggunakan bahan dari bambu.

Sebelum memulai pembuatan, biasanya pengrajin memasang sesajen antara lain berisi bubur merah putih, rujak-rujakan tujuh rupa, bunga tujuh macam, dan bakaran kemenyan.

Baca Juga: Resmi, Robert Lewandowski Tinggalkan Bayern Munchen dan Sepakat dengan Barcelona

Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar pembuatan Ondel-ondel berjalan lancer dan roh yang bersemanyan di boneka adalah roh baik.

Setelah ondel-ondel jadi tidak langsung digunakan sebagaimana mestinya terlebih dahulu.

Halaman:

Editor: Ninda Fatriani Santyra


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x