LPEI Berikan Pembiayaan Hingga Jasa konsultasi Bagi UMKM yang Berorientasi Ekspor

- 13 Agustus 2021, 09:20 WIB
Ilustrasi UMKM. Tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang telah beroperasi dan mampu membuka lapangan kerja baru serta menggerakkan roda ekonomi bangsa.
Ilustrasi UMKM. Tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang telah beroperasi dan mampu membuka lapangan kerja baru serta menggerakkan roda ekonomi bangsa. /Pixabay/TheUjulala/

LINGKAR MADIUN-Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank, salah satu Special Mission Vehicle (SMV) di bawah naungan Kementerian Keuangan, memberikan pembiayaan, penjaminan, asuransi, maupun jasa konsultasi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) bagi pengusaha yang berorientasi ke Ekspor.

"Tujuannya untuk mendorong pengembangan UMKM dan korporasi untuk mengembangkan produk yang berorientasi ekspor,” terang Direktur Jenderal Kekayaan Negara Rionald Silaban, dalam acara Webinar ‘UMKM Naik Kelas dengan Ekspor Berkelas’, Kamis, 12 Agustus 2021.

UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Tercatat lebih dari 65 juta UMKM yang telah beroperasi dan mampu membuka lapangan kerja baru serta menggerakkan roda ekonomi bangsa.

Namun dari sekian banyaknya jumlah UMKM tersebut, baru 14 persen dari total ekspor Indonesia yang merupakan porsi ekspor produk UMKM.

Baca Juga: Dirjen Kemendikbud Izinkan Pelaksanakan PTM Terbatas Segera Terlaksana, Simak Syarat Wajib yang Harus Dipenuhi

Baca Juga: Resmi! Romelu Lukaku Kembali Bergabung Chelsea, Marina Granovskaia: Selamat Datang Kembali Dirumah!

“Hal ini tentu menjadi perhatian Pemerintah, di mana jika dilihat dari potensi yang ada produk-produk yang dihasilkan UMKM cukup inovatif dengan daya produksi yang mumpuni dan mampu bersaing dengan produk asing. Oleh karenanya menjadi salah satu target Pemerintah di tahun 2024 untuk mendorong kontribusi produk UMKM di dalam komoditas barang ekspor agar dapat mencapai angka 21,6%,” jelas Rionald Silaban.

Situasi pandemi saat ini menyulitkan langkah pemerintah dalam mengembangkan potensi UMKM.

Namun, Rio menegaskan bahwa Pemerintah tidak tinggal diam. Langkah cepat dan upaya preventif diambil untuk membantu para pelaku UMKM dalam menjaga operasional usahanya serta mencegah terjadinya PHK karyawan.

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf

Sumber: Kemenkeu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x