Ini Daftar 10 Negara Dengan Utang Tertinggi, No. 1 China

- 15 Oktober 2020, 13:22 WIB
ilustrasi hutang
ilustrasi hutang /

LINGKAR MADIUN - Setiap negara pasti melakukan utang luar negeri untuk mencukupi kebutuhan. Utang ini tidak hanya dilakukan oleh negara miskin maupun berkembang, negara maju pun melakukan kebijakan ini.

Namun siapa sangka, bahwa negara dengan jumlah utang terbesar adalah negara yang menjadi adidaya saat ini, yaitu China.

Menurut International Debt Statistics (IDS) sebagaimana diposting oleh Warta Ekonomi di @wartaekonomi pada 14 Oktober 2020, China menempati urutan nomor satu dari 10 negara dengan utang luar negeri terbesar. Total jumlah utangnya sebesar USD2,1 triliun.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Negara yang Pernah Wariskan Ekonomi Rusak dan Hutang Untuk Indonesia

Urutan kedua ditempati oleh Brasil dengan utang sejumlah USD 569 miliar. Urutan berikutnya ada India, Rusia, Meksiko, dan Turki dengan jumlah utang masing-masing yaitu USD 560 miliar, USD 490 miliar, USD 469 miliar, dan USD 440 miliar.

Sementara Indonesia berada di urutan ketujuh dengan jumlah utang sebesar USD402 miliar atau setara dengan Rp5.930 Triliun (Rp14.749 per dolar). Angka tersebut naik tipis yaitu 5,9%.

Baca Juga: Jadwal Laga Liga Inggris Pekan Ini: Big Match Everton vs Liverpool, Man City vs Arsenal Di Mola TV

Baca Juga: 5 Hari Lagi, Puncak Fenomena Hujan Meteor Orionids

Di bawa Indonesia ada Argentina dengan utang sebesar USD 279 miliar, Afrika Selatan dengan utang USD 188 miliar, dan Thailand dengan utang sebesar USD 180 miliar.***

Editor: Ninna Yuniari

Sumber: Warta Ekonomi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x