Kabar Mengejutkan! Akhirnya Finlandia Ungkap Tujuannya Bergabung dengan NATO

- 13 Mei 2022, 20:15 WIB
Bendera Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Finlandia. Presiden dan Perdana Menteri Finlandia kompak memutuskan membawa negaranya segera bergabung dengan NATO.
Bendera Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) dan Finlandia. Presiden dan Perdana Menteri Finlandia kompak memutuskan membawa negaranya segera bergabung dengan NATO. /Pixabay/WiR_Pixs/

LINGKAR MADIUN - Pada 1 Mei, pesawat militer Rusia sempat memasuki wilayah udara Swedia.

Hal tersebut, dianggap sebagai peringatan dari Rusia ke Swedia, saat mempertimbangkan untuk bergabung dengan NATO dengan negara tetangga Finlandia.

Sebelumnya, Rusia berulang kali memperingatkan konsekuensi politik dan militer yang serius, jika kedua negara Nordik itu mendaftar untuk bergabung dengan NATO.

Bergabung dengan NATO berarti bahwa Swedia dan Finlandia dilindungi oleh komitmen mereka terhadap pertahanan kolektif berdasarkan Pasal 5 Perjanjian Atlantik Utara.

Baca Juga: Isu Transfer: Bagus Kahfi Resmi Dilepas Oleh FC Utrecht Pada Musim Ini

Dengan mempertimbangkan untuk bergabung dengan NATO, para pejabat Finlandia ingin menghindari kesan bahwa mereka mengirim pesan negatif kepada Rusia karena operasi militer khusus di Ukraina.

Sebaliknya, Finlandia ingin menunjukkan bahwa tujuannya hanya untuk memperkuat keamanannya sendiri, dengan bergabung dalam organisasi pertahanan.

Oleh karena itu, dalam hal diplomasi, sangat mungkin akan dilakukan berbagai langkah, baik secara terbuka maupun diam-diam.

Pernyataan politik dari sekutu utama Finlandia serta NATO akan dipublikasikan.

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x