Inilah Mobil Anti Covid-19 versi Jaguar Land Rover

- 30 Juli 2020, 06:18 WIB
Pabrikan mobil asal Inggris Jaguar Land Rover kembangkan teknologi layar sentuh yang tidak disentuh untuk hindari persebaran Covid-19 Motor1 /

LINGKAR MADIUN-Salah satu pabrik mobil asal Inggris, Jaguar Land Rover (JLR) diketahui sedang mengembangkan teknologi Anti Covid-19 pada mobilnya saat ini. Teknologi tersebut akan disematkan pada konsol head unit display (HUD) yang akan digunakan sebagai hiburan pengemudi dan penumpang ketika berada di dalam mobil.

Jika sudah jadi, nantinya teknologi ini diklaim bisa mengurangi persebaran virus yang terjadi pada mobil. Seperti dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Motor1, teknologi ini memanfaatkan fitur Contacless Touchsreen yang disematkan pada konsol HUD.

Secara singkat, teknologi ini merupakan fitur layar sentuh yang tidak 'disentuh' oleh pengemudi pada konsol hiburan tersebut.

Memanfaatkan artificial intelilgence (AI) dan juga seperangkat sensor, nantinya fitur ini akan memungkinkan pengemudi melakukan pengaturan HUD tanpa harus menyentuh layar. Ini dikarenakan sensor yang disematkan pada konsol sudah bisa mendeteksi kemungkinan kemana jari dari pengemudi akan mendarat pada layar HUD.

JLR memberikan klaim bahwa teknologi ini akan mengurangi interaksi pengemudi dengan konsol HUD dan memberikan efisiensi waktu sebesar 50 persen. Selain itu, ini juga bisa mengurangi kemungkinan tersebarnya pandemi Covid-19yang bisa saja terjadi pada mobil seseorang.

"Layar sentuh dan tampilan interaktif lainnya adalah sesuatu yang kebanyakan orang gunakan beberapa kali sehari, tetapi mereka bisa sulit digunakan saat bergerak.Apakah itu mengendarai mobil atau mengubah musik di ponsel Anda saat Anda sedang berlari."

"Kami juga tahu bahwa patogen tertentu dapat ditransmisikan melalui permukaan, sehingga teknologi ini dapat membantu mengurangi risiko untuk jenis penularan tersebut," jelas salah satu peneliti yaitu Profesor Simon Godsill dari Fakultas Teknik Universitas Cambridge.

Teknologi Contacless Touchsreen ini diharapkan bisa muncul pada mobil-mobil Jaguar dalam waktu tidak lama lagi. Jika sudah terkenal, kemungkinan besar teknologi ini akan dimanfaatkan pada sektor diluar industri otomotif.

Editor: Dwiyan Setya Nugraha

Sumber: Pikiran Rakyat


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X