Pandemi Covid-19 Tak Kunjung Usai, Dana PEN Jadi Penyelamat Kasus Kemiskinan Indonesia

- 23 November 2020, 19:04 WIB
Ilustrasi Bantuan Dana PEN
Ilustrasi Bantuan Dana PEN /mantrasukabumi.com/Andi_Syahidan

 

LINGKAR MADIUN – Sebanyak 3,43 juta orang diperkirakan akan selamat dari kemiskinan. Hal ini diprediksi oleh Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan.

Selamatnya 3,43 juta orang ini tak lepas dengan dukungan perlindungan sosial dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

Kepala Pusat Kebijakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara BKF, Ubaidi Socheh Hamidi menjelaskan dari laporan data ia peroleh dan yang diperhitungkan, memperkirakan sekitar 3.43 juta orang akan terselamatkan dari kemiskinan karena program perlindungan sosial.

Baca Juga: Rupiah Mulai Menguat, Kedatangan Vaksin Menjadi Penolong

Dikutip Tim Lingkar Madiun dari ANTARA,  Kabar tersebut dikemukakan Ubaidi dalam webinar Indef di Jakarta pada Senin, 23 November 2020 ini. Menurut Ubaidi,  adanya perlindungan sosial, akan mampu menekan angka kemiskinan menjadi 6, 69 persen dari persentase akibat covid-19.

Sebelumnya, angka ini diperkirakan akan mencapai 10,96 persen. Ia juga menjelaskan bahwa relasi perlindungan sosial program PEN mencapai82,4 persen atau sebesar Rp. 193,07 triliun dari pagu Rp. 234,44 triliun hingga 18 November 2020 lalu.

Sejumlah program perlindungan sosial sudah terserap hampir 100 persen diantaranya program keluarga Harapan (PKH).

Baca Juga: Sinergi Duta GenRe Jatim Bersama PLKB Berikan Pelatihan Dan Penyuluhan Di Kampung KB Ponorogo

Halaman:

Editor: Yeha Regina Citra Mahardika

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x