Seiring Dengan Perkembangan Vaksin Covid-19, Nilai Tukar Rupiah Menguat 0,02 Persen

- 12 November 2020, 06:00 WIB
ilustrasi uang.
ilustrasi uang. /Mohamad Trilaksono

LINGKAR MADIUN - Nilai tukar (kurs) rupiah bergerak menguat seiring dengan perkembangan vaksin COVID-19 yang diperkirakan tersedia dalam waktu dekat.

Rupiah menguat sebesar tiga poin atau 0,02 persen menjadi Rp14.035 per dolar AS dari sebelumnya Rp14.038 per dolar AS.

"Rupiah mungkin masih bisa menguat hari ini menguji kisaran Rp14.000 per dolar AS di tengah perkembangan vaksin COVID-19," ujar Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra di Jakarta, Rabu.

Kabar mengenai efektifitas vaksin COVID-19 dari Pfizer masih menjadi sentimen positif untuk aset berisiko di pasar negara berkembang. Vaksin yang diproduksi itu diklaim memiliki efektivitas 90 persen terhadap COVID-19.

Baca Juga: Puan Maharani Menerima Bintang Mahaputera, Begini Kiprahnya

Baca Juga: Kemenparekraf Dukung 2 Juta Pelaku UMKM Go-Digital, Wishutama : Patut Diapresiasi

"Itu membuka harapan vaksin akan bisa dirilis cepat untuk membantu pemulihan ekonomi akibat pandemi COVID-19. Investor tetap optimis tentang kemajuan menuju vaksin COVID-19," katanya.

Namun, ia mengingatkan, penguatan rupiah cenderung terbatas terbebani oleh aksi ambil untung para pelaku pasar setelah pada hari sebelumnya naik.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi menambahkan pergerakan rupiah masih dipengaruhi berita bahwa vaksin COVID-19 dapat tersedia dalam waktu dekat sehingga meningkatkan optimisme atas pemulihan ekonomi global.

Halaman:

Editor: Dwiyan Setya Nugraha

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x