Dongkrak Ekonomi UMKM, Pemerintah Sediakan Dana Bantuan Rp 400 M, Simak Selengkapnya!

- 7 April 2021, 15:56 WIB
Ilustrasi UMKM.
Ilustrasi UMKM. /Dara.co.id

LINGKAR MADIUN- Pemerintah terus berupaya membangkitkan ekonomi masyarakat.  Kali ini dana bantuan sebesar Rp 400 miliar telah dialokasikan untuk diberikan kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM, dan akan disalurkan pada 20 April 2021.

“Karena permintaan untuk barang UMKM terus naik. Kami akan memberi stimulus ini pada tanggal 20 bulan April ini,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Padjaitan.

Baca Juga: Diluar Dugaan, Inilah yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Jika Mengonsumsi 2 Butir Telur Setiap Hari

Menko Luhut mengungkapkan bahwa selama setahun terakhir sudah 4 juta UMKM yang masuk platform online untuk memasarkan produknya.

Dengan angka tersebut, maka secara menyeluruh UMKM yang sudah naik kelas hampir 13 juta dan ditargetkan mencapai 30 juta UMKM pada tahun 2023.

“Itu pekerjaan besar kita semua untuk mendorong ini. Ini juga kita kaitkan dengan penggunaan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) yang ana kita harus menggunakan sebanyak mungkin produk dalam negeri, itu menjadi backbone ekonomi,”ujar Menteri Luhut.

Baca Juga: Kepala BNPB Mengingatkan, Semua Pihak Bekerjasama dalam Penanganan Covid-19

Menteri Luhut juga mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki belanja modal barang sekitar Rp 1.300 triliun, dari angka tersebut terdapat Rp 17 miliar dolar AS yang bisa dihemat dan bisa digunakan untuk belanja barang produk dalam negeri, seperti teknologi, barang-barang, dan peran UMKM yang dinilai sangat penting.

“Kita manfaatkan ini, sehingga kita menggunakan produk-produk dalam negeri dan presiden kemarin saya lapori mengenai angka ini, beliau mendorong supaya kita lebih kreatif lagi memanfaatkan ini. Sehingga kita mengurangi impor dan memutar dana tadi serta menciptakan lapangan kerja dan membuat kita lebih hebat,” jelasnya.

Halaman:

Editor: Yeha Regina Citra Mahardika

Sumber: Maritim.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x