Menteri Keuangan Siap Bekerja Sama dengan Pihak Tertentu, Menghadapi Perubahan Iklim

- 21 Agustus 2021, 11:21 WIB
Ilustrasi perubahan iklim.  Menteri Keuangan Siap Bekerja Sama dengan Pihak tertentu, Mengahadapi Perubahan Iklim/Pixabay/
Ilustrasi perubahan iklim. Menteri Keuangan Siap Bekerja Sama dengan Pihak tertentu, Mengahadapi Perubahan Iklim/Pixabay/ /

LINGKAR MADIUN- Perubahan iklim yang terjadi saat ini menjadi tantangan bagi Negara Dunia, salah satunya, Indonesia. Menteri Keuangan Sri Mulyani akan siap untuk bekerja sama dengan semua pihak dalam rangka menerapkan dan memberikan solusi untuk menghindari ancaman perubahan iklim.

“Kami di Kementerian Keuangan berkoordinasi dengan sektor-sektor lain, terutama di sektor keuangan, OJK, Bank Indonesia untuk terus merumuskan berbagai regulasi di sektor keuangan yang konsisten dengan komitmen untuk menghindari climate change. Ini adalah sebuah kerja bersama secara bahu-membahu untuk menghadapi tantangan climate change yang sangat luar biasa,” ujar Menkeu Sri Mulyani, Jum'at 20 Agustus 2021.

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan bahwa Indonesia terus mengembangkan pembiayaan inovatif untuk mendukung pembangunan yang berkelanjutan dalam rangka menghadapi tantangan perubahan iklim.

“Komitmen untuk menghindari climate change memang membutuhkan berbagai hal. Regulasi dan policy satu hal, akses terhadap teknologi adalah hal yang lain. Dan pembiayaan menjadi hal yang sangat penting,” kata Menkeu dalam Kompasfest Navigate dalam Conference “Green on Green: Embarking New Trend of Environmental Economics”.

Baca Juga: Cek Fakta: Kaum Antivaksin Klaim Suku Baduy Tetap Sehat Meski Tidak Pernah Divaksin, Benarkah?

Baca Juga: Aiyawatt Srivaddhanaprabha, Pemilik Klub Premier League yang Paling Dicintai Suporternya

Dari sisi pendanaan, Indonesia akan terus melakukan upaya secara global dengan aktif di dalam forum internasional untuk bersama-sama menemukan solusi menghadapi ancaman perubahan iklim ini.

“Saya dalam hal ini menjadi Co-Chair bagi Koalisi Menteri-Menteri Keuangan seluruh dunia di dalam membahas mengenai aspek pendanaan dalam rangka untuk menghindari catastrophic climate change consequences, dimana aspek pendanaan adalah sangat penting,” ujar Menkeu.

Berbagai inovasi pendanaan dibahas di dalam forum tersebut, seperti blended finance atau full of fund.

Halaman:

Editor: Khoirul Ma’ruf

Sumber: Kemenkeu


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x