Pemenang Pilpres Amerika Serikat Memiliki Dampak Signifikan Untuk Ekonomi Bangsa? Begini Kata Indef

- 5 November 2020, 18:05 WIB
ILUSTRASI uang.*
ILUSTRASI uang.* /Komite UMKM/

LINGKAR MADIUN- Menurut pengamat ekonomi dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira, pemenang pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) nantinya akan berdampak sangat signifikan bagi perekonomian Indonesia.

Ia menillai bahwa presiden yang terpilih memimpin negara adidaya tersebut akan mempengaruhi pada sektor perdagangan global Indonesia di masa depan/

“Dampak pemilu di AS cukup besar bagi prospek perdagangan Indonesia ke depannya,” katanya  di Jakarta, Kamis (5/10/20) dikutip dari Antara

Bhima memperkirakan apabila nantinya kandidat dari Partai Demokrat, Joe Biden dapat memenangkan pemilu, maka eskalasi perang dagang antara AS dengan China bisa jadi menurun.

Baca Juga: 320 Pelanggaran Pilkada 2020, 52 Perkara Diproses Kepolisian

Baca Juga: Tinggal 6 Suara Elektoral, Nevada Bisa Jadi Kunci Sukses Biden Menangkan Pilpres AS

Menurut prediksi Bhima, Kandidat Partai Demokrat tersebut lebih memilih berbagai cara yang lebih kompromis dalam menghadapi China karena pada era pemerintahan presiden Obama.lebih berpengalaman dalam menjalin hubungan multilateral yang produktif.

Ia menegaskan jika Biden terpilih sebagai Presiden Amerika maka akan menguntungkan pemulihan sektor ekonomi dalam bidang ekspor baik ke AS sendiri atau pun sebagai pemasok bahan baku ke China.

Bhima juga menjelaskan jika selama ini kebijakan proteksionisme yang dilakukan oleh Donald Trump telah merugikan kepentingan Indonesia termasuk dalam bidang ekspor itu sendiri.

Halaman:

Editor: Dwiyan Setya Nugraha

Sumber: Antara


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x