Gawat! Masker Jenis Scuba Sudah Tidak Direkomendasikan

- 18 September 2020, 18:41 WIB
Ilustrasi Masker /pikiran-rakyat/

Lingkar Madiun - Belakangan  ini penggunaan masker jenis scuba tidak lagi direkomendasikan untuk dipakai. Hal ini dikarenakan masker tersebut dianggap tidak mencegah dan memerikan perlindungan terhadap penularan virus penyebab Covid-19. 

Berdasarkan penelusuran Tim Lingkar Madiun dari RRI.co.id Praktisi klinik sekaligus relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda'i mengatakan, masker scuba dibuat dari bahan tipis yang elastis, karena hanya terdiri dari satu lapisan kain dan kecenderungan menjadi longgar.

"Masker scuba itu tipis satu lapis, tidak efektif, karena bahannya neoprene, cenderung elastis. Jika ditarik pori akan membesar. Padahal kita butuh kemampuan filtrasinya," kata Fajri, Jumat (18/9/2020). 

Baca Juga: Jangan Lewatkan, Siang Nanti Rekonstruksi Kasus Mutilasi Kalibata City Dimulai

Baca Juga: Keren! Tersisa 2 Kelurahan Kota Madiun Ini Masih Masuk Zona Hijau

Mengacu pada penelitian ilmiah dalam jurnal ACS Nano belum lama ini, Fajri mengungkapkan, kemampuan electrostatic atau menyaring partikel-partikel yang lebih kecil menjadi poin penting di sini.

Bahan sutra atau silk empat lapis bisa menyaring banyak partikel, diikuti chiffon yang merupakan gabungan 90 persen poliester dan 10 persen spandeks, lalu flanel yang terdiri dari 65 persen katun dan 35 persen poliester.

Baca Juga: Hebat! Ini Tips Madiun Berhasil Kurangi Penyebaran Covid 19

Terkait ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan Satgas Covid-19 merekomendasikan kain tiga lapis yakni lapisan dalam yang menyerap, lapisan tengah untuk menyaring dan lapisan luar yang terbuat dari bahan seperti poliester.

Editor: Yoga Pratama Widiyanto

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X