APBN 2021 Masih Difokuskan Untuk Pemulihan Ekonomi dan Penguatan Reformasi

- 5 November 2020, 09:52 WIB
Menkeu Sri Mulyani Indrawati
Menkeu Sri Mulyani Indrawati /Biro KII/Kemenkeu

LINGKAR MADIUN- Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Tahun 2021 masih akan tetap digunakan untuk pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi agar bersifat inklusif dalam meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat secara adil dan merata. 

Pemerintah akan meneruskan program perlindungan sosial dan juga meneruskan program pemulihan ekonomi serta membangun pondasi perekonomian ke depan melalui APBN 2021. 

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada acara Simposium Nasional Keuangan Negara (SNKN) Tahun 2020 dengan tema Peran APBN untuk Mewujudkan Indonesia yang Sejahtera, Adil, dan Berkesinambungan di Tengah Gejolak Ekonomi Global melalui video conference pada Rabu (04/11).

Baca Juga: Sri Mulyani: Anggaran Pendidikan Harus 20 Persen dari APBN, No Matter What

Baca Juga: Imbas Pandemi, APBN RI Defisit Hingga Rp682,1 Triliun

“Tahun 2021 kita akan tetap melaksanakan pemulihan ekonomi karena ternyata sampai akhir tahun walaupun ada upaya penemuan vaksin. Itu tidak akan terjadi secara serentak dan cepat pada awal tahun 2021. Oleh karena itu, APBN 2021 masih memiliki tema menjaga di bidang kesehatan, kenaikan di anggaran kesehatan masih cukup besar di atas 5% bahkan di atas 6% dalam rangka antisipasi untuk vaksinasi. Namun, kita juga sudah mulai membangun pondasi-pondasi ekonomi Indonesia ke depan. ICT kita bangun, perlindungan sosial masih diberikan meskipun mungkin tidak sebesar tahun 2020 tapi cukup sangat luas, anggaran kesehatan meningkat, ketahanan pangan, pariwisata akan dihidupkan kembali dan infrastruktur akan mulai digiatkan kembali,” ungkap Menkeu. 

Pemerintah masih akan tetap berupaya semaksimal mungkin agar ekonomi kembali bangkit kembali ke sedaia kala dan setelah ekonomi bangkit kembali maka APBN akan mulai disehatkan kembali.

Dengan seperti ini maka APBN akan berangsur-angsur menjadi sehat, ekonomi pulih dan pada posisi tersebut kita siap menghadapi apapun tantangan kedepan dalam rangka mencapai tujuan dari masyarakat sejahtera. 

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 11 Dibuka, Apa Itu Kartu Prakerja, Untuk Siapa, dan Berapa Insentifnya?

Halaman:

Editor: Dwiyan Setya Nugraha

Sumber: kemenkeu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x