Penglihatan Mata Kabur hingga Alami Kebutaan jika Sering Mengonsumsi 4 Makanan Ini, Apa Saja?

- 24 Mei 2022, 11:45 WIB
Ilustrasi penglihatan mata kabur hingga kebutaan.
Ilustrasi penglihatan mata kabur hingga kebutaan. /Pexels/Josh Sorenson

LINGKAR MADIUN - Penglihatan bagi semua orang adalah hal yang vital demi menjalani aktivitas sehari-hari. Seiring bertambahnya usia, kesehatan mata seringkali menurun karena penggunaan gadget.

Oleh karena itu, kita semua wajib menjaga kesehatan mata dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi. Adapun pola makan atau diet yang buruk dapat juga memicu kebutaan mata secara total.

Dilansir Lingkar Madiun dari laman Express, seorang ahli kesehatan dari Feel Good Contacts bernama Sharon Copeland menyebutkan, terdapat beberapa makanan yang dapat menimbulkan degenasi makula yang tergantung dari usia seseorang atau juga yang disebut age related macular degeneration (AMD).

Baca Juga: Kumpulan Pemain Murah Yang Dibeli Borrusia Dortmound dan Dijual Fantastis, Salah Satunya Penyerang Naik Daun

Degenerasi makula adalah penyebab hilangnya penglihatan kabur di bagian tengah bidang pandang. Hal itu disebabkan karena makula kering dan pusat retina mata semakin memburuk.

Sharon Copeland membeberkan jenis makanan yang menimbulkan penglihatan mata semakin buruk diantaranya, karbohidrat rafinasi seperti roti putih dan selainya, makanan tinggi kadar gula seperti saus tomat dan minuman bersoda.

Ia juga menjelaskan jenis makanan dan minuman tersebut akan dicerna sangat cepat oleh tubuh, sehingga dapat membuat lonjakan kadar gula darah, sehingga hal tersebut dapat mengganggu penglihatan mata bahkan bisa mengakibatkan kebutaan.

Baca Juga: 7 Zodiak Punya Karma Emas, Dapat Cuan Terbaik di Juni 2022, Usaha Mantap, Rezeki Berlipat-lipat

"Lonjakan kadar gula darah ini bisa menyebabkan terjadinya degenerasi makula terkait usia, yaitu ketika kerusakan terjadi pada retina," tutur Sharon Copeland.

Lebih lanjut, Sharon Copeland juga menyebutkan seiring berjalannya waktu, pola makan dengan kadar gula yang tinggi bisa menyebabkan kebutaan.

Halaman:

Editor: Ninda Fatriani Santyra


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x