Kabar Bahagia, Penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) Akan Tetap Dibagikan Hingga Tahun Depan

- 6 November 2020, 14:42 WIB
Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Menko PMK, Muhadjir Effendy.
Muhadjir Effendy, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan: Menko PMK, Muhadjir Effendy. //Dok Menko PMK

LINGKAR MADIUN- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan bahwa penyaluran bantuan sosial (bansos) akan terus diberikan kepada seluruh masyarakat Indonesia hingga tahun depan.  

Penyaluran bantuan sosial ini dilakukan sebagai salah satu program pemulihan ekonomi masyarakat karena dampak Pandemi Covid-19 yang sudah berjalan lebih dari setengah tahun di tahun 2020 ini.

"Tentu saja dengan ada beberapa perubahan, baik perubahan alokasi perubahan kuota atau sistem penyaluran," kata Muhadjir, saat melakukan Rapat Tingkat Menteri secara daring, Kamis (5/11/2020) yang dikutip dari RRI.

Baca Juga: Cadangan Devisa Indonesia Per Oktober Turun Jadi 133,7 Miliar Dolar AS

Baca Juga: Pemenang Pilpres Amerika Serikat Memiliki Dampak Signifikan Untuk Ekonomi Bangsa? Begini Kata Indef

Sampai saat ini, Ia mengatakan bahwa progres penyaluran Bansos (Program Sembako, PKH, BST, Bansos Jabodetabek, Bansos beras KPM PKH, Bansos tunai KPM sembako) telah tersalur sebesar Rp 112,9 triliun.

Angka tersebut masih dalam angka 80 persen dari total anggaran yang disiapkan Pemerintah yang besarnya hingga Rp 127,2 triliun. 

Menko PMK juga menjelaskan bahwa ada beberapa program bansos reguler rencananya akan tetap dilaksanakan pada tahun 2021 seperti sebelumnya, yaitu program keluarga harapan (PKH) untuk 10 juta KPM dan  Program sembako/bantuan pangan non tunai (BPNT) untuk 18,8 juta KPM. 

Baca Juga: Tanggapi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Kuartal III, Sri Mulyani: The Worst Is Over!

Baca Juga: Indonesia Resmi Alami Resesi! BPS Rilis Ekonomi Kuartal III 2020 Minus 3,49 Persen

Halaman:

Editor: Dwiyan Setya Nugraha

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x